Webinar ASTI – Cosmobeaute Indonesia “Meraih Peluang dalam Masa Krisis pada Industri SPA”
Asosiasi SPA Terapis Indonesia (ASTI) dan Cosmobeauté Indonesia menyelenggarakan Webinar yang bertema “Meraih Peluang dalam Masa Krisis pada Industri SPA” pada hari Kamis, 18 Juni 2020. Sejumlah 668 attendees terdaftar pada webinar yang didukung oleh Mustika Ratu, LPVJ Beauty School, dan D-Infexan.
Sharing knowledge pada webinar ini diisi oleh narasumber yang sangat luar biasa, narasumber yang pertama adalah Ir. Dwi Mayasari Tjahjono, Spd., M.Mpar., Dipl. CIDESCO., Dipl. CIBTAC., Dipl. IFA., narasumber yang kedua adalah Dr. Kusumadewi Sutanto, M.Pd., Dipl. CIDESCO., Dipl. CIBTAC SPA., narasumber yang ketiga adalah Naning Fatmandari L, SKM., Dipl. CIBTAC., Dipl. CIDESCO SPA., dan narasumber yang keempat adalah Kusuma Ida Anjani, B.Com., M.Bus,. MAppFin.
Selain diisi oleh para narasumber yang sangat luar biasa, webinar ini diisi dengan bincang – bincang dengan seorang bintang tamu, seorang Puteri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Puteri, SH.

Seperti kita ketahui, pandemi COVID-19 berdampak besar dalam kehidupan dunia saat ini. Awalnya, pandemi ini mengakibatkan krisis kesehatan, dan kemudian menghantam perekonomian dunia dan nasional.
Di sisi lain, pandemi ini akan mendorong model ekonomi baru atau new normal pascapandemi. Pandemi ini telah mengubah tatanan masyarakat dalam perekonomian, seperti kegiatan sosialisasi, kegiatan bekerja, bisnis, proses jual-beli, konsumsi dan kesehatan.
Dalam ungkapan China, terdapat kata Weiji, secara harfiah, Weiji dapat diartikan sebagai krisis. Weiji berasal dari dua kata, Wei yang bermakna “Dangerous” dan Ji yang bermakna “Opportunity”.
Wei-Ji ini pun, memiliki dua sisi, yakni, di setiap situasi krisis, sudah pasti ada bahaya. Akan tetapi, ada peluang yang bisa dimanfaatkan. Jangan hanya melihat bahaya, tetapi bagaimana bisa melihat dan mengambil peluang yang tepat dan postif.
Pertanyaannya adalah, peluang seperti apa yang dapat diambil oleh para pelaku usaha SPA pada masa New Normal Era ini?. dan aturan / tatanan baru seperti apa yang dapat diaplikasikan pada usaha SPA saat ini ?.
Itu semua telah dibahas tuntas oleh para narasumber yang luar biasa di webinar ini.
Materi pertama, bertema “Prosedur Standar New Normal pada Industri SPA” yang dipaparkan oleh Ir. Dwi Mayasari Tjahjono, Spd., M.Mpar., Dipl. CIDESCO., Dipl. CIBTAC., Dipl. IFA. Untuk mendownload materi silahkan klik disini:
Prosedur Standar New Normal pada Industri SPA
Materi kedua, bertema “Peranan Terapis pada Masa Pemulihan COVID-19” yang dibahas oleh Dr. Kusumadewi Sutanto, M.Pd., Dipl. CIDESCO., Dipl. CIBTAC SPA. Selaku Ketua Umum ASTI dan dipaparkan oleh Naning Fatmandari L, SKM., Dipl. CIBTAC., Dipl. CIDESCO SPA. Selaku Ketua Bidang IV ASTI. Untuk mendownload materi dan video protokol COVID-19 ASTI silahkan klik disini:
Peranan Terapis pada Masa Pemulihan COVID-19
Menurut data dari www.nielsen.com, kekhawatiran konsumen Indonesia akan kesehatan meningkat. Dibandingkan dengan kuartal keempat tahun sebelumnya di 2019, di kuartal pertama tahun 2020 sebanyak 23% konsumen di Indonesia menyatakan kekhawatiran mereka akan Kesehatan. Angka ini meningkat cukup signifikan dibandingkan kuartal sebelumnya yang sebesar 14%.
Pertanyaannya adalah, ditengah naiknya kekhawatiran konsumen terhadap kesehatan, bagaimana strategi pemasaran dalam manajemen, untuk dapat meningkatkan customer trust pada usaha SPA. Sehingga akan meningkatkan loyalitas klien, untuk dapat kembali melakukan perawatan SPA di tempat usahanya. Pertanyaan ini terjawab pada sesi materi ketiga dengan tema “Strategi Pemasaran dalam Manajemen dimasa COVID-19”, yang dipaparkan oleh Kusuma Ida Anjani, B.Com., M.Bus., MAppFin. Untuk mendownload materi silahkan klik disini:
Strategi Pemasaran dalam Manajemen dimasa COVID-19
Setelah pemaparan dari para narasumber, masuk sesi bincang dengan Puteri Indonesia 2020, Rr. Ayu Maulida Puteri, SH. Puteri Indonesia 2020 berbicara dari perspektif konsumen SPA terkait adanya kenaikan kekhawatiran konsumen terhadap kesehatan di masa pandemi COVID-19, tentang apa saja yang dibutuhkan dan diharapkan oleh konsumen SPA terhadap suatu usaha SPA. Sehingga para peserta webinar yang memiliki SPA, tidak hanya mengetahui terkait prosedur standar New Normal pada industri SPA, bagaimana seharusnya terapis SPA memiliki nilai kerja dan sikap pada masa COVID-19, strategi pemasaran dalam manajemen dimasa COVID-19, akan tetapi juga memiliki pandangan dari sisi konsumen SPA Indonesia yang diwakili suara nya oleh Puteri Indonesia 2020. Diharapkan kepada seluruh peserta, setelah mengikuti webinar ini, mendapatkan bekal informasi untuk dapat mempersiapkan Reopening usaha SPA-nya dari berbagai aspek, baik dari sisi pengusaha SPA, terapis SPA maupun konsumen SPA.

Pada webinar ini, peserta tidak hanya mendapatkan ilmu dari para pakar akan tetapi juga banyak mendapatkan giveaway dari para support gift, yang mana pemenang giveaway diumumkan melalui instagram Cosmobeauté Indonesia di:
dan instagram ASTI di:
Terimakasih kami ucapkan kepada para narasumber yang telah berbagi ilmunya yang sangat luar biasa dan juga tentunya terimakasih yang dalam kami ucapkan untuk antusias para peserta yang telah mengikuti webinar Asosiasi SPA Terapis Indonesia (ASTI) dan Cosmobeauté Indonesia.
Add Comment